UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

8 Tips Tidur Nyenyak Selama Perjalanan di Pesawat

Ditulis pada 21 Jun 2016
oleh :
ilustrasi

ilustrasi

itoday -Perjalanan menggunakan pesawat belum tentu menyenangkan. Apalagi jika Anda butuh waktu lama untuk mencapai kota atau negara tujuan sehingga mudah bosan serta merasa kurang nyaman. Jika ingin membunuh waktu sekaligus memulihkan stamina, sebaiknya istirahat saja.

Tidur di pesawat bukan hal yang mudah dilakukan bagi sebagian orang. Apakah Anda salah satunya? Dilansir Huffington Post, agar mendapatkan tidur yang berkualitas di pesawat, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa perlengkapan ekstra. Misalnya saja headphone, ear plug, selimut, pemutar musik, bantal leher, serta penutup mata. Untuk mengetahui cara memaksimalkan barang-barang tersebut agar tidur nyenyak saat terbang, simak delapan tips berikut:

1. Balikkan Bantal Leher
Bantal leher sering dibawa para traveler agar bisa tidur lebih nyaman di pesawat. Bila bantal tersebut tidak dapat membantu Anda beristirahat, mungkin Anda salah menggunakannya. Bantal leher disarankan dikenakan secara terbalik. Yakni dengan meletakkannya di bawah dagu bukan di belakang kepala. Dengan begitu, bantal akan menyanggah kepala yang biasa tertunduk ketika tidur selagi duduk.

2. Gunakan Penyangga Kaki
Sebelum naik pesawat, pastikan bila Anda menggunakan kaus kaki bersih. Karena untuk meningkatkan kenyamanan tidur selama perjalanan, Anda perlu membuka sepatu dan meletakkan kaki di sandaran. Hal tersebut akan membuat Anda tidak mudah pegal.

3. Dengarkan Suara Menenangkan
Anda juga perlu mengunduh beberapa lagu untuk memaksimalkan istirahat di pesawat. Bukan lagu-lagu favorit namun white noise. White noise yang dimaksud adalah suara-suara untuk menetralisir suara mengganggu; bisa berupa bunyi hujan, bukaan pintu, angin, dan lain-lain. Menurut penelitian suara-suara tersebut bisa membuat Anda mudah tertidur.

4. Hindari Camilan
Tidak melakukan aktivitas dalam waktu yang lama kadang membuat perut mudah terasa lapar. Alhasil, beberapa traveler membeli camilan yang dijajakan di pesawat. Jika Anda berencana tidur, hindari makanan tinggi kafein, gula, dan alkohol yang bisa mengganggu istirahat. Jika bisa perbanyak camilan tinggi karbohidrat misalnya sereal satu jam sebelum naik pesawat.

Baca Juga: 50 Inspirasi Model Kebaya

5. Jauhi Cahaya
Untuk Anda yang tidak biasa tidur dengan cahaya terang, sebaiknya membawa sleeping mask. Jika tidak punya, pastikan saja untuk menutup jendela atau mematikan televisi sebelum istirahat.

6. Siapkan Posisi
Posisi tidur juga bisa menentukan kenyamanan beristirahat. Banyak posisi yang bisa Anda terapkan di pesawat. Misalnya bersandar pada bantal yang diletakkan di jendela. Tidur di atas tangan yang dilipat di meja makan. Bersandar di pundak penumpang sebelah jika memang Anda saling kenal. Namun hindari meletakkan kaki atau tangan di luar kursi Anda yang bisa mengganggu penumpang lain atau pramugari yang lewat.

7. Pakai Kaus Kaki dan Selimut
Udara dingin di pesawat bisa ganggu tidur Anda. Untuk itu, pakai kaus kaki serta selimut agar istirahat tidak terganggu karena kedinginan. Dua benda tersebut juga bisa menyelamatkan Anda dari flu.

8. Pemanasan
Sebelum pesawat meluncur, sempatkan diri untuk melakukan pemanasan atau gerakan yoga untuk melemaskan otot. Hal tersebut bisa membuat badan relaks selama perjalanan. Karena jika otot tegang tubuh akan terasa nyeri atau sakit sehingga membuat Anda susah tidur.

(ami/hst)

Sumber: Detik.com

Artikel Lainnya