UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Skuat Jerman Banjir Hadiah-JPNN.com

PENGGAWA Jerman bakal berkantong tebal setibanya di negerinya sendiri setelah dapat menggondol trofi Piala Dunia keempatnya, di Brasil lalu.

Pasalnya, dari kemenangan yang dramatis atas Argentina itu, mereka bukan hanya mendapatkan hadiah dari FIFA sebagai juara Piala Dunia.

Lebih dari itu, ke-23 pemain dalam skuad Die Mannschaft juga bakal ketambahan bonus lagi. Sejak akhir tahun 2013 lalu, federasi sepakbola Jerman DFB sudah berkoar bakal memberikan tambahan bonus kepada pemainnya apabila mampu menjadi juara Piala Dunia 2014.

Dan, janji itu kini dibayar lunas oleh Philipp Lahm dkk denagn satu-satunya gol dari Mario Goetze. Alhasil, pemain Jerman pun bakal mendapatkan uang bonus sebesar EUR 408 ribu atau jika dikurskan ke Rupiah nilainya mencapai Rp 4,8 miliar untuk setiap pemainnya.

Nilai bonus yang khusus diberikan oleh DFB itu belum termasuk hadiah dari FIFA untuk juara Piala Dunia. Apalagi, tahun ini FIFA menambah besaran hadiah bagi pemenang Piala Dunia. Nilainya bisa lebih besar ketimbang yang didapatkan oleh Spanyol ketika memboyong trofi Piala Dunia di Afsel empat tahun silam.

Apabila La Furia Roja – julukan Spanyol – kala itu mendapatkan hadiah fresh money sebesar USD 32,44 juta atau Rp 519,8 miliar, maka tidak demikian dengan Jerman. Pada Piala Dunia tahun ini, jumlah proze money yang diberikan FIFA mencapai di kisaran USD 35 juta atau Rp 560,8 miliar.

Belum diketahui berapa jumlah bonus yang didapatkan pemain Jerman di luar gelontoran uang dari DFB tersebut. Namun, jika dibandingkan dengan gaji pemain-pemain timnas Jerman di klubnya masing-masing, tidak semuanya yang mendapatkan gaji per bulan setara dengan bonus tersebut.

Sebut saja Goetze. Pemain yang ditransfer dari Borussia Dortmund ke Bayern Muenchen tahun lalu tersebut malah bisa mendapatkan gaji dua kali lipat bonus tersebut. Gaji Goetze untuk satu musimnya mencapai Rp 112,16 miliar, jika dibagi per bulan maka jumlahnya sekitar Rp 9,34 miliar.

Pun demikian dengan Manuel Neuer. Penjaga gawang yang mendapatkan anugerah Golden Glove di akhir Piala Dunia 2014 itu tidak punya gaji sebesar Goetze. Namun, nilai bonus individu juara Piala Dunia sudah cukup untuk membuat kantongnya setebal Goetze musim lalu. Di Bayern, Neuer digaji per bulannya Rp 8,5 miliar.

Terlepas dari besaran bonus individu yang tidak sebanding dengan gaji per bulan para pemain Jerman, peningkatan jumlah hadiah tahun ini dirasakan negara lainnya. Argentina yang finish sebagai runners up menerima hadiah sebesar USD 25 juta (Rp 295,2 miliar) dan Belanda di tempat ketiga dengan hadiah Rp 259,8 miliar. (Selengkapnya lihat dalam grafis). (ren)

Distribusi Hadiah Piala Dunia 2014:
Juara                        USD 35 juta    Jerman
Runners up             USD 25 juta    Argentina
Juara III                     USD 22 juta    Belanda
Tempat IV                 USD 20 juta    Brazil
Perempat final        USD 14 juta     Belgia, Kolombia, Kosta Rika, Prancis
Babak 16 Besar      USD 9 juta      Cile, Uruguay, Meksiko, Yunani, Nigeria, Aljazair,
       Swiss, AS

Fase Grup           USD 8 juta     Australia, Bosnia-Herzegovina, Kamerun, Kroasia, Ekuador, Inggris, Ghana, Honduras, Iran, Italia, Pantai Gading, Jepang, Portugal, Rusia, Korsel, Spanyol
* Sumber: FIFA

Read More

Artikel Lainnya