UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

5 Manfaat Uang Receh dalam Pengelolaan Keuangan Sehari-hari

Ditulis pada 29 Jun 2016
oleh :
5 Manfaat Uang Receh dalam Pengelolaan Keuangan Sehari-hari

foto ist

itoday – Alat pembayaran sah yang digunakan di Indonesia maupun negara lain adalah uang. Namun uang terdiri atas dua macam yaitu uang kertas dan uang receh (koin). Uang kertas dianggap lebih berharga dibandingkan uang recehan. Recehan memiliki nilai kecil dan diremehkan orang karena banyak yang tidak mengetahui manfaat uang receh. Bahkan keberadaan uang receh ini dianggap sebagai uang yang memberatkan pemilik saat membawanya.

Namun tanpa diketahui, terdapat manfaat uang receh dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu pengelolaan keuangan. Simak lima manfaat dari uang receh untuk pemiliknya.

Menukarkan uang receh tersebut dengan uang kertas kepada pengusaha kecil

Uang receh bila jumlahnya banyak dan telah terkumpul maka akan ada manfaatnya. Bahkan tidak terduga nominalnya cukup besar. Maka uang receh yang terkumpul dapat ditukarkan kepada pemilik koperasi, minimarket, maupun warteg yang pastinya memerlukan koin receh tersebut untuk kembalian pada pembeli.

Melakukan pemilahan uang receh sesuai nominal akan membuat orang belajar untuk rapi

Manfaat uang receh berikutnya adalah membantu seseorang untuk belajar rapi. Ketika uang kembalian berupa koin sudah mulai banyak maka luangkan waktu untuk memilah koin-koin tersebut berdasarkan nominalnya sehingga akan memudahkan untuk menghitung jumlah uang receh tersebut.

Menyisihkan uang receh untuk donasi

Sekecil apapun nominal koin recehan tersebut tentunya tidak dapat begitu saja diremehkan. Mungkin bagi sebagian orang yang membutuhkan, uang recehan sekalipun akan sangat bermakna. Sehingga lebih baik sisihkan uang recehan tersebut untuk mereka yang membutuhkan daripada uang itu terjatuh atau hilang begitu saja.

Uang receh dapat menjadi media belajar untuk anak-anak

Manfaat uang receh yang mungkin tidak disadari banyak orang adalah uang receh bisa jadi media belajar anak kecil. Anak kecil dapat diajarkan untuk menabung dengan uang receh tersebut. orang tua dapat mengajarkan anak kecil untuk mulai menabung uang recehan pada  celengan pribadi anak. Sebab hal ini akan mengajarkan pada anak untuk menghargai keberadaan uang receh dan juga berhemat.

Membantu menambah tabungan

Uang recehan tetap dapat ditabung pada celengan pribadi di rumah. Meski tidak secepat menabung dengan menyisihkan uang dari gaji, namun uang receh yang didapatkan dari kembalian bila dikumpulkan dan ditabung terus menerus tentu akan menjadi makin banyak jumlahnya. Hal ini bisa jadi tambahan tabungan nantinya.

Setelah mengetahui 5 manfaat uang receh tersebut tentunya akan membuat setiap orang akan berpikir ulang dan tidak lagi meremehkan keberadaan koin-koin yang dimiliki. Sehingga dapat merasakan kelima manfaat tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel Lainnya