UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Debu Vulkanik Gunung Raung Mulai Dirasakan Masyarakat Bondowoso

Ditulis pada 20 Jul 2015
oleh :

Debu Vulkanik Gunung Raung Mulai Dirasakan Masyarakat Bondowoso


Gunung Raung mengeluarkan awan panas terlihat dari Desa Melaten, Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (12/7)./JIBI-Antara


Zabur Karuru

Kabar24.com, BONDOWOSO- Masyarakat di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (19/7/2015), mulai merasakan adanya debu vulkanik akibat letusan Gunung Raung.

“Di Sumber Wringin mulai terasa ada debu tadi sekitar pukul 15.00 dan sampai malam ini masih terus turun,” kata Sony Firdaus, warga Kecamatan Sumber Wringin, wilayah yang berada sekitar 15 kilometer dari kawah Gunung Raung itu.

Ia menceritakan dirinya sempat keluar malam dan tidak mengenakan helm dan merasakan matanya perih. Akhirnya ia kembali ke rumah dan keluar dengan mengenakan helm dan masker.

Dari sore hingga malam, katanya, warga di kecamatan yang menjadi posko untuk persiapan pengungsi itu mengenakan masker jika keluar rumah.

Selain membeli sendiri, masker yang digunakan warga juga merupakan pembagian dari Satgas Penanggulangan Bencana (PB) Gunung Raung beberapa waktu lalu.

Sementara Komandan Satgas PB Gunung Raung Kabupaten Bondowoso Letkol (Arh) Sudrajat mengemukakan sejumlah wilayah mulai terkena abu gunung berketinggian 3.332 meter dari permukaan laut itu, yakni Sumber Wringin, Tlogosari, Tamanan, Grujungan, bahkan sampai ke Kota Bondowosso dan sekitarnya.

“Kami tadi membagikan masker sekitar 2.000 buah kepada warga sejumlah wilayah yang merasakan debu dari pagi dan sore hingga malam,” kata perwira TNI AD yang sehari-hari menjabat Komandan Kodim Bondowoso itu.

Pihaknya mengimbau warga yang terkena abu Gunung Raung itu selau mengenakan helm atau kacamata jika mengendarai motor, selain masker. Hal itu perlu diingatkan agar debu tidak terhirup saat bernapas atau masuk ke mata.

Artikel Lainnya