UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Negara Bagian Rio de Janeiro ini Darurat Keuangan

Ditulis pada 30 Jun 2016
oleh :
Negara Bagian Rio de Janeiro ini Darurat Keuangan

foto ist

itoday – Berdasarkan informasi yang diperoleh tim berita terbaru ekonomi, kurang dari 50 hari sebelum berlangsungnya Olimpiade Rio de Janeiro telah menyatakan negaranya darurat keuangan. Francisco Dornelles selaku Gubernur Interim mengemukakan bahwa krisis ekonomi yang serius menghantui keberlangsungan komitmen dari Negara bagian tersebut untuk mengadakan Olimpiade.

Dana publik untuk berlangsungnya Olimpiade tersebut sebagian besar berasal dari pemerintah kota Rio de Janeiro, namun Negara bagian harus bertanggungjawab dalam bidang keamanan dan penanganan transportasi. Diprediksi Olimpiade tersebut mampu menggait turis hingga 500 ribu.

Michel Temer selaku Presiden Interim telah menjanjikan bantuan keuangan yang cukup signifikan untuk permasalahan krisis keuangan negara Rio de Janeiro tersebut. Gubernur memvonis sumber krisis tersebut adalah kekurangan pajak, terutama dari industri minyak. Namun ini tidak mengherankan dimana Negara Brazil secara menyeluruh sedang menghadapi resesi yang cukup berat.

Untuk krisis keuangan negara Rio de Janeiro ini, penanganan yang tepat dapat mempercepat dana darurat federal cair.Pembayaran upah untuk pensiunan dan pegawai di Negara bagian Rio de Janeiro juga sudah menunggak. Krisis ini juga menimbulkan dampak yang cukup parah untuk kondisi fasilitas umum seperti kantor polisi dan rumah sakit.

Negara bagian telah memproyeksikan defisit anggaran adalah sebesar $5,5 miliar untuk tahun ini atau sekitar 73 triliun rupiah. Menurut Eduardo Paes selaku Wali Kota Rio berkata melalui Twitter bahwa ketetapan Negara bagian tersebut tidak akan membuat janji yang diberikan oleh kota Rio dan penyelesaian proyek-proyek Olimpiade terhambat.

Gubernur Dornelles dalam dekritnya mengatakan, krisis keuangan negara Rio de Janeiro yang dialaminya adalah bencana umum yang dapat mengakibatkan kehancuran secara total beberapa sektor layanan publik, misalnya: pendidikan, keamanan dan kesehatan.

Selain itu, ia juga mengatakan sudah mengambil langkah-langkah yang luar biasa mendekati Olimpiade yang begitu berpengaruh pada seluruh layanan publik, tetapi ia tidak merincinya.

Negara bagian dari Brasil tersebut di tahun ini diklaim mengalami krisis keuangan negara Rio de Janeiro dengan defisit anggaran sekitar 3,9 miliar euro. Selain itu, terdapat kekhawatiran yang mendalam sehubungan dengan Olimpiade yang diselenggarakan di Brasil, yaitu penyebaran virus Zika.

Artikel Lainnya