UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Kunci rahasia CIMB Niaga masuk 5 bank terbesar

Ditulis pada 30 Jun 2015
oleh :

JAKARTA. Dalam hitungan beberapa bulan ke depan, tepatnya 26 September 2015, Bank CIMB Niaga akan memasuki usianya yang ke-60. Hingga kini, Bank CIMB Niaga banyak melakukan inovasi demi memantapkan posisi sebagai bank terbesar kelima di Indonesia.

“Sebagai salah satu bank swasta papan atas di Tanah Air, kami terus berkomitmen untuk berperan dalam kancah perbankan nasional,” kata Head of Sales & Distribution wilayah Sumatera CIMB Niaga Maya Sartika dalam keterangan resmi, Senin (29/6).

Maya menjelaskan pihaknya terus melakukan pengembangan produk-produk dan jasa perbankan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan dunia usaha. Kemajuan teknologi informasi secara efisien dan efektif terus dimanfaatkan untuk pengembangan usaha CIMB Niaga.

Maya menjelaskan, saat ini CIMB Niaga merupakan bank terbesar kelima di Indonesia dalam hal aset yang berjumlah Rp 241,7 triliun per 31 Maret 2015. CIMB Niaga juga mencatatkan dirinya sebagai bank terbesar kelima dari sisi kredit, dana pihak ketiga (DPK), kantor cabang maupun jumlah ATM.

Pencapaian tersebut, lanjut Maya, tak lepas dari konsistensi CIMB Niaga untuk terus melakukan inovasi. Menurutnya, di tengah persaingan bisnis yang semakin kompetitif, CIMB Niaga harus terus mengedepankan pendekatan customer centricity untuk memantapkan posisinya. “Kami selalu menempatkan nasabah baik internal dan eksternal dalam hati maupun pikiran kami, sehingga dapat memberikan solusi tepat guna berupa produk, layanan, dan proses yang lebih baik melalui inovasi,” ujar Maya.

Hasil inovasi yang telah dilakukan setidaknya tercermin dalam tiga hal yang menjadi tonggak sejarah perjalanan 60 tahun CIMB Niaga, yakni bank pertama di Indonesia yang menawarkan ATM (1987), bank pertama di Indonesia yang memberikan nasabahnya layanan perbankan secara online (1991), dan bank pertama di Asia yang meluncurkan rekening bank di dalam hand phone, atau yang dikenal dengan Rekening Ponsel (2013).

Rekening Ponsel adalah layanan transaksi perbankan menggunakan nomor ponsel, layaknya rekening tabungan, tanpa mengharuskan penggunanya menjadi nasabah bank mana pun. Layanan ini memungkinkan transfer uang antar nomor ponsel tanpa perlu rekening bank. Pengguna juga dapat memanfaatkannya untuk belanja di berbagai merchant dengan beragam promosi tertentu.

Lebih dari 20.000 gerai Indomaret dan Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia juga sudah bekerja sama dengan Rekening Ponsel untuk dapat melayani setor dan tarik tunai Rekening Ponsel. Atas beragam keunggulan tersebut, Rekening Ponsel berhasil meraih posisi puncak Digital Brand of The Year 2015 untuk kategori electronic money (e-money) berdasarkan survei yang dilakukan oleh Isentia bekerja sama dengan Biro Riset Infobank.

Adapun inovasi lain yang dilakukan adalah peluncuran layanan Go Mobile pada 2012. Go Mobile adalah suatu sistem mobile banking dimana nasabah dengan mudah mendaftar over-the-air dan sistem ini bekerja di ponsel jenis apa pun, termasuk BlackBerry, iPhone, Android dan Java. Bahkan, untuk ponsel paling sederhana pun dapat mengakses Go Mobile melalui sistem SMS. “Keistimewaan inilah yang belum banyak dimiliki oleh bank lainnya di Tanah Air,” jelas Maya.

Sebagai entitas usaha CIMB Group yang memiliki jaringan usaha yang luas di wilayah Asia Tenggara, memudahkan CIMB Niaga melakukan beragam inovasi yang memberikan keuntungan bagi para nasabah. Salah satunya, layanan ATM berskala regional, yakni jaringan ATM yang luas menjangkau 5 negara, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Kamboja. Melalui jaringan yang terkoneksi, nasabah dapat dengan mudah mengambil uang di ATM CIMB Niaga dan melakukan transaksi di lima negara ASEAN tersebut.

Begitu juga dengan produk kartu kredit. CIMB Niaga telah memiliki kartu kredit berskala regional bernama Kartu Kredit World sebagai upaya strategis untuk meningkatkan pangsa pasarnya. Yang membedakan Kartu Kredit World dengan produk sejenis lainnya adalah adanya Regional Golf Privileges. Adapun kartu kredit CIMB Niaga lainnya yaitu Platinum Card, dapat digunakan di Indonesia dan seluruh dunia melalui jaringan MasterCard atau Visa.

CIMB Niaga menawarkan competitive exchange rate untuk penggunaan CIMB Niaga Platinum Card di luar negeri untuk kartu berlogo MasterCard. Berbagai keuntungan lainnya berupa promo di restaurant dan hotel terkemuka, dapat diperoleh dengan menggunakan fasilitas yang dipersembahkan oleh CIMB Bank yang berskala regional.

Adapun untuk segmen high networth individual, CIMB Niaga juga memiliki layanan istimewa bernama CIMB Private Banking. Nasabah private banking dapat menikmati berbagai produk wealth management yang didesain untuk membantu dalam perencanaan, pengembangan, dan perlindungan kekayaan nasabah.

CIMB Niaga wealth management mendistribusikan sejumlah produk reksadana serta unit link dari mitra asuransi dan bersama dengan unit Treasury CIMB Niaga aktif menawarkan berbagai obligasi, produk terstruktur, dan jasa penukaran mata uang asing.

Menurut Maya, sebagai rangkaian acara untuk menyambut ulang tahun enam dasawarsa CIMB Niaga, pihaknya menggelar kegiatan di sejumlah kota di Indonesia. Kegiatan telah diawali di Bandung, dan dilanjutkan di Surabaya. Kali ini, Medan menjadi kota ketiga yang menggelar sejumlah kegiatan bertajuk ‘Untuk Medan Dari Hati’.

Dalam event ini, nasabah maupun masyarakat luas dapat mengakses beragam produk dan layanan inovatif dari CIMB Niaga, seperti Rekening Ponsel dan Online Account. Sejumlah kegiatan juga turut meramaikan acara ini, diantaranya setiap Jumat – Minggu, pada 26-28 Juni, 3-5 Juli dan 10-12 Juli 2015, CIMB Niaga akan memberikan hadiah langsung untuk setiap pembukaan rekening CIMB Niaga di Merdeka Walk.

Selain itu, dilaksanakan juga aktivitas corporate social responsibility Ayo Menabung dan Berbagi. “Kami juga akan menggelar pameran property dan otomotif, lengkap dengan Pop Up Market khusus kuliner lokal, yang akan dimeriahkan oleh Tulus pada 10-16 Agustus 2015 di Plaza Medan Fair,” pungkas Maya.

Editor: Yudho Winarto

Read More

Artikel Lainnya