UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Khasiat Jawer Kotok

Ditulis pada 19 May 2014
oleh :
jawer-kotok

Tanaman Jawer kotok (Photo: ist)

Alfalfa – Tanaman ini biasa juga di sebut dengan istilah Miana, Jawer Kotok, Kentangan, Ati-ati. Yang berkhasiat untuk pengobatan adalah bagian daunnya yang berwarna merah kehitaman. Sedang iler yang daunnya berwarna-warni tidak berkhasiat untuk pengobatan,sekedar untuk tanaman hias saja.

Selain sebagai tanaman hias, daun-daun cantik jawer kotok juga bermanfaat sebagai obat herbal, walaupun penelitian mengenai manfaat jawer kotok masih terbatas.

Dari beberapa penelitian diketahui, tumbuhan ini kaya oleh berbagai kandungan kimia, seperti minyak atsiri, tanin, lemak, phyosterol, calcium oxalate, dan pectic substances. Kandungan kimia itu terdapat pada bagian batang dan daunnya. Dari kandungan kimia tersebut, daun iler memiliki efek farmakologis seperti obat cacing.

Daun iler mengandung minyak atsiri antara lain karvakrol yang bersifat antibiotik, eugenol  bersifat menghilangkan nyeri, etil salisilat menghambat iritasi. Selain itu iler juga mengandung sedikit lendir.

Berikut beberapa khasiat daun jawer kotok untuk kesehatan tubuh kita :

1. Sembelit
5 helai daun iler di cuci dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Saring dan campurkan satu sendok makan minyak kacang. Di minum sekaligus.

2. Mengatasi Cacing Gelang
Untuk mengatasi cacing gelang, daun iler diambil sebanyak tujuh lembar, lalu dicuci, dan digiling halus. Tambahkan air setengah cangkir dan sesendok makan madu. Semua disaring dan airnya diminum sehari 2-3 kali.

3. Sakit Mata Merah
Untuk obat minum : 5 helai daun iler di cuci dan di rebus dengan segelas air sampai tinggal setengah. Minum sekali habis.

Untuk obat tempel : Daun iler dicuci bersih, agak diremukkan dengan tangan tapi jangan sampai hancur. Lalu tempelkan ke mata yang sakit.

4. Luka, Bisul, Abses, maupun Borok
Beberapa helai daun iler di cuci bersih kemudian di remas-remas atau ditumbuk halus sampai mengeluarkan cairan. Tempelkan kebagian tubuh yang luka atau terkena borok-borok. Bagian itu kemudian dibalut, Ganti tiga kali sehari.

5.  Sakit Perut Atau Mulas
Untuk mengobati mulas atau sakit perut, daun iler dibilas dengan air masak, lalu dikunyah dengan sedikit garam sampai halus dan ditelan. Setelah itu minum air hangat. Semua itu dilakukan sebanyak 2-3 kali sehari.

6. Demam dan sembelit
1 potong daun dan batang iler direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.

7. Diabetes Melitus
Tumbuhan iler lengkap (Batang, daun, bunga), adas pulawaras secukupnya. Seluruh bahan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

8. Datang Bulan Terlambat
Daun iler secukupnya. Bahan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Diminum menjelang tanggal bulan haid.

Demikianlah beberapa khasiat daun jawer kotok yang ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan. Semoga bermanfat.  (Berbagai sumber)

Kumpulan Khasiat

The post Khasiat Jawer Kotok appeared first on Alfalfa.co.id.

Read More