UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Khasiat Sambiloto

Ditulis pada 28 Jun 2015
oleh :
sambiloto

Daun Sambiloto (cafesehat.com)

Alfalfa – Bagi Anda yang hidup di perkotaan atau hanya dapat berkunjung ke kampung sesekali saja, maka kecil kemungkinan Anda dapat mengetahui seperti apa tanaman Sambiloto. Tahukah Anda, tanaman Sambiloto ini ternyata banyak khasiatnya untuk kesehatan.

Sambiloto (Andrographis paniculata) adalah tumbuhan khas daerah teropis yang dapat tumbuh dimana saja. Daun sambiloto ini mengandung senyawa andrographolide. Senyawa ini terasa pahit, tapi memiliki sifat melindungi hati.

Di Indonesia tanaman ini banyak sebutannya seperti ampadu tanah untuk masyarakat Sumatera Barat, sambiloto, ki oray untuk masyarakat Sunda, ki pait, andiloto untuk masyarakat Jawa Tengah dan pepaitan untuk masyarakat Madura.

Tanaman sambiloto mudah tumbuh di alam liar terbuka, seperti di tepi sungai, di kebun-kebun, juga di pekarangan rumah, tumbuhan ini dapat  tumbuh di tanah yang lembab.

Kandungan zat kimia dalam daun sambiloto dan percabangannya mengandung lactone yang terdiri dari deoksiandrografolid, andrografoloid (zat pahit), neoandrografoloid, flavonoid, alkane, keton, aldehid, mineral (kalium, kalsium, natrium), asam kersik dan damar.

Berikut ini beberapa manfaat sambiloto untuk kesehatan yang mungkin perlu anda ketahui.

•    Mencegah pembentukan radang
•    Memperlancar air seni
•    Menurunkan panas badan(anti piretika)
•    Obat sakit perut
•    Kencing manis dan terkena racun
•    Menurunkan hipertensi
•    Penurunan kadar gula darah
•    Obat penyakit tifus
•    Radang tenggorokan.

Tanaman sambiloto begitu banyak manfaatnya dan mudah kita jumpai disekitar kita.  Tetapi hati-hati bagi ibu hamil atau menyusui, disarankan untuk tidak mengkonsumsi sambiloto. (Berbagai sumber)

The post Khasiat Sambiloto appeared first on Alfalfa.

Read More