UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Ini Alasan Anda Harus Makan Sup saat Sakit

Ditulis pada 21 Sep 2015
oleh :

Suara.com – Cuaca yang tidak menentu, terutama musim kemarau seperti sekarang ini biasanya membuat kesehatan seseorang menurun. Tak sedikit yang akhirnya menderita batuk atau flu bila tidak memiliki kekebalan tubuh yang baik. Kalau sudah seperti ini yang menjadi kendala adalah menurunnya nafsu makan karena semua terasa tidak enak.

Namun, ternyata ada makanan yang sebaiknya tidak Anda abaikan ketika sakit, salah satunya adalah sup. Mungkin, ini alasam mengapa menu utama di rumah sakit selalu menyediakan sup, bisa sup ayam, daging, atau ikan sebagai tambahannya.

Kenapa harus sup? Mungkin banyak di antara kita yang belum tahu alasannya. Ada beberapa alasan kenapa sup menjadi makanan terbaik dan wajib dikonsumsi ketika Anda dan orang tersayang jatuh sakit.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sup merupakan makanan yang mengandung vitamin yang baik untuk tubuh. Saat kita sakit itulah yang tubuh butuhkan. Makanan yang baik seperti sup akan melawan infeksi yang menyerang tubuh Anda. Penyakit seperti batuk, pilek dan demam beberapa contohnya. Mulai sekarang jangan ragu untuk menyantap sup saat diserang batuk ataupun pilek.

2. Mudah dicerna

Keunggulan sup dari makanan lainnya adalah dapat dengan mudah dicerna. Itulah yang diperlukan ketika sakit. Tubuh tidak perlu bekerja keras untuk mencerna makanan. Cobalah buat sup di rumah sesuai selera Anda, sayuran yang selalu ada di dalam sup juga faktor sup menjadi makanan yang harus Anda makan ketika sakit.

3. Anti-inflamasi

Makanan, terutama sup ayam, sangat dianjurkan untuk orang yang sakit dengan gejala menggigil kedinginan, karena sup memiliki anti-inflamasi yang dapat meredakan hal tersebut. Pada abad ke-12 sup ayam dikenal sebagai Penisilin oleh bangsa Yahudi karena dapat menenangkan dan mempunyai unsur-unsur anti-inflamasi.

4. Mengandung gizi yang tinggi

Sup memang tidak menggoda untuk dikonsumsi, karena beberapa sup dibuat seperti makanan bayi. Namun, kombinasi sayuran dan ayam merupakan salah satu makanan dengan gizi terbaik, terutama untuk yang sedang sakit. Kekebalan tubuh pun dengan sendirinya akan baik kembali.

5. Memperbaiki kadar lendir

Ketika Anda sakit, lendir akan menjadi tebal. Banyaknya lendir ini akan membawa unsur-unsur yang menyebabkan bakteri dan virus berkembang. Dengan mengkonsumsi sup, Anda dapat mengurangi ketebalan lendir, sehingga infeksi pun dapat terobati.

6. Menghidrasi tubuh

Salah satu alasan paling penting mengapa Anda harus mengkonsumsi sup ketika sakit adalah karena sup membantu menjaga kelembaban tubuh Anda. Selama demam, tubuh akan mengalami dehidrasi. Jadi, Anda membutuhkan asupan air lebih banyak, salah satu caranya dengan teratur mengkonsumsi sup saat sedang sakit.

7. Rasanya lezat

Saat sedang sakit, makan pun sudah tidak nafsu. Namun, keinginan untuk makan yang enak selalu ada. Agar Anad tetap bisa makan yang enak tapi tetap sehat, solusinya memang adalah sup. Bahan-bahan seperti ayam, ikan, dan beberapa sayuran favorit bisa Anda jadikan sup yang tentunya lezat dan nikmat. (Boldsky)

Sumber: Suara.com

Artikel Lainnya