UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Ini Alasan Mengapa Dokter Menyarankan Resep Antibiotik Dihabiskan?

Ditulis pada 30 Jun 2016
oleh :
Ini Alasan Mengapa Dokter Menyarankan Resep Antibiotik Dihabiskan?

foto ist

itoday – Mengalami sakit bukan satu hal yang diharapkan oleh setiap orang. Meski bukan hal yang diinginkan, namun setiap orang pasti sudah pernah mengalami yang namanya sakit. Apapun sakitnya pasti akan ada usaha untuk sembuh dari sakit tersebut. Salah satu jalan yang ditempuh untuk sembuh adalah dengan memeriksakan diri ke dokter dan diberikan resep obat.

Resep obat yang diberikan oleh dokter umumnya mengandung antibiotik. Setiap dokter akan menyarankan pasien untuk menghabiskan obat antibiotik yang diresepkan tersebut. Fungsi antibiotik ini akan membunuh bakteri serta virus yang dapat mengakibatkan infeksi pada tubuh. Oleh sebab itu perlu diketahui alasan mengapa obat antibiotik harus dihabiskan pada saat diresepkan oleh dokter.

Tumbuhnya bakteri

Bila obat antibiotik tidak dihabiskan maka bakteri yang awalnya dibunuh akan dapat kembali hidup karena proses pemberantasan yang tidak tuntas. Hal ini akan mengakibatkan penyakit bisa kambuh dan berbahaya untuk kesehatan. Sehingga alasan menghabiskan antibiotik ini memang harus diperhatikan benar.

Tidak akan maksimal bekerja

Kerja antibiotik dalam tubuh ini akan berjalan maksimal setelah beberapa waktu dikonsumsi. Jika terhenti konsumsi antibiotik maka dampaknya tidak akan optimal pada tubuh.

Masih lemahnya sistem kekebalan tubuh

Bahaya minum antibiotik tidak tuntas adalah melemahnya sistem kekebalan tubuh. Pada akhirnya akan memberikan pengaruh pada mudahnya penyakit datang kembali.

Antibiotik mempercepat pemulihan

Fungsi antibiotik adalah memulihkan kondisi tubuh saat sakit. Sehingga akan sangat lama waktu diperlukan untuk pemulihan bila meminum obat antibiotik tidak sesuai saran dokter.

Menghindari kemungkinan kembali terinfeksi

Alasan menghabiskan antibiotik berikutnya adalah mencegah kemungkinan infeksi oleh bakteri yang dapat kembali. Sebab penyakit yang kambuh dalam interval waktu yang dekat justru akan berbahaya bagi kesehatan. Dengan minum obat antibiotik secara tuntas maka akan membuat pasien terhindar dari kemungkinan datangnya penyakit yang sama.

Kini setelah mengetahui fungsi dan alasan menghabiskan antibiotik sesuai saran dokter, tentu tidak ada lagi usaha untuk menghentikan minum obat tersebut sebelum masanya selesai. Kesehatan tentu lebih penting dari apapun.

Artikel Lainnya