UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Kecerdasan Anak Dapat Dipengaruhi oleh Latihan Musik

Ditulis pada 14 Jun 2016
oleh :
Kecerdasan Anak Dapat Dipengaruhi oleh Latihan Musik

foto ist

itoday – Ada sebuah hasil riset yang dilakukan ilmuwan dari University of Vermont, Amerika Serikat yang melakukan studi tentang pengaruh musik terhadap kecerdasan anak. Hasilnya juga telah diterbitkan melalui Journal Academy of Child&Adolescent Psychiatry.

Ilmuwan yang melakukan penelitian ini adalah James Hudziak MD, Matthew Albaugh PhD, serta asisten penelitian Eileen Crehan. Penelitian kecerdasan anak ini dilakukan dengan pemindaian otak dari 232 anak dengan rentang usia 6 hingga 18 tahun. Pertambahan usia anak akan memberikan dampak perubahan ketebalan pada korteks otak.

Dengan adanya perubahan ketebalan korteks ini menunjukkan adanya kecemasan dan depresi, masalah pengendalian perilaku, agresi, serta perhatian. Hal itu berlaku untuk semua anak termasuk anak yang tidak memiliki diagnosa gangguan mental. Melalui riset yang dilakukan itu, peneliti Hudziak ingin melihat adakah pengaruh musik terhadap kecerdasan anak.

Dengan penelitian yang dilakukan, tim peneliti Hudziak akhirnya menemukan bukti dengan bermain musik  bisa merubah area motorik otak. Sebab kegiatan bermain musik tersebut memerlukan kontrol serta koordinasi gerakan. Musik memberikan pengaruh pada komponen yang mengatur area otak.

Ketebalan korteks yang berhubungan dengan fungsi eksekutif termasuk kerja memori, pengontrol emosi, serta organisasi dan rencana untuk ke depan dapat dipengaruhi oleh musik. Berdasarkan temuan penelitian kecerdasan anak tersebut jadi menguatkan hipotesis mengenai biola yang kemungkinan dapat membantu memerangi gangguan psikologis dan dampaknya lebih baik daripada sebotol pil.

Akan tetapi pendekatan dengan berlatih musik tersebut sulit untuk diterapkan. Sebab terdapat hasil penelitian Departemen Pendidikan Amerika Serikat terbukti sebanyak tiga perempat siswa sekolah menengah di Amerika jarang bahkan tidak pernah memilih pelajaran ekskul seni atau musik.

Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa perlu adanya satu cara atau terobosan baru untuk menjadikan musik bisa berada di sekitar anak-anak. Penelitian untuk mengetahui pengaruh musik terhadap kecerdasan anak ini menjadi studi penyelidikan terbesar seperti yang dikutip National Geographic dari Science Daily.

Artikel Lainnya