UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Keringat Bau? Ini 5 Penyebab Bau Keringat Tidak Sedap

Ditulis pada 29 Jun 2016
oleh :
Keringat Bau? Ini 5 Penyebab Bau Keringat Tidak Sedap

foto ist

itoday – Berkeringat merupakan satu hal wajar yang dialami oleh setiap orang. Keringat ini biasanya akan keluar dari tubuh saat orang merasakan kepanasan, melakukan aktivitas fisik berat, merasakan gugup atau perasaan takut. Biasanya setelah lewat masa pubertas menjadi satu penyebab keringat bau tidak sedap. Sehingga banyak orang yang menyiasati bau tidak sedap tersebut dengan memakai deodorant.

Namun pada dasarnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bau tidak sedap pada keringat yang keluar dari tubuh seseorang. Berikut ini ada 5 penyebab keringat bau dikutip dari republika.co.id dan boldsky.com.

Keadaan stres

Setiap orang pasti pernah mengalami satu keadaan tertekan atau stres. Tidak hanya menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tatapi juga kan menyebabkan keringat dari tubuh berbau tidak sedap. Bau tidak sedap ini terjadi karena bercampurnya keringat yang keluar dengan hormon kortisol ketika seseorang mengalami stres.

Pemakaian baju yang tidak tepat

Pemilihan baju yang tidak tepat menjadi penyebab keringat bau tidak sedap. Sebab pada beberapa jenis kain justru dapat membuat keringat tubuh bau. Jenis bahan polyester dan rayon akan menyerap keringat dari tubuh dan menyimpannya. Hal inilah yang mengakibatkan bau tidak sedap makin parah pada keringat pemakai.

Konsumsi obat-obatan tertentu

Berdasarkan penelitian, terdapat beberapa jenis obat-obatan yang dapat membuat bau keringat menjadi tidak sedap karena kandungan bahan kimia yang terkandung pada obat.

Kekurangan nutrisi

Salah satu penyebab keringat bau lainnya adalah kurangnya asupan nutrisi pada tubuh. berdasrkan penelitian, bau tidak sedap pada tubuh dapat disebabkan oleh kurangnya asupan magnesium.

Pemakaian parfum

Pemakaian parfum biasanya digunakan untuk menutup bau keringat yang muncul pada tubuh. Akan tetapi sebagian jenis parfum tidak memiliki sifat antibakteri sehingga dapat mengakibatkan bau keringat semakin parah.

Beberapa penyebab keringat bau di atas tentu akan membuat setiap orang akan menjauhinya. Sebab tidak ada satu orang pun yang menginginkan orang lain di sekitar merasa tidak nyaman akibat mencium bau tidak sedap dari tubuh. Selain faktor di atas, makanan seperti daging, bawang putih, atau rokok juga dapat memicu bau badan tidak sedap.

Artikel Lainnya