UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Cerita Misteri Serta Sejarah Dari Jaelangkung

Ditulis pada 18 Jun 2016
oleh :
Cerita Misteri Serta Sejarah Dari Jaelangkung

foto ist

itoday – Pastinya anda sebagai orang Indonesia sudah mengenal yang namanya jaelangkung. Boneka yang satu ini memang terbuat dari batok kelapa dari ranting atau bahkan kayu yang biasanya dipergunakan untuk memanggil arwah dari orang yang sudah wafat. Dalam ritual ini, dewa dipanggil agar bisa merasuk kedalam boneka keranjang dimana tangannya ini bisa digerakkan.

Pada ujung tangan dari boneka ini pun di beri alat catat atau bahkan kapur untuk mencatat. Boneka jaelangkung ini diberi pakaian manusia. Yang biasanya dikalungi dengan kunci dan dihadapkan pada suatu papan catat sambil menyalakan dupa.

Misteri jaelangkung ini terlihat ketika boneka mulai terasa berat. Tanda jaelangkung telah dirasuki oleh dewa yakni ketika bonekanya bergerak mengangguk. Jika sudah begini, tandanya jaelangkung telah sepakat. Sesudah itu tanyakan kesiapannya untuk di tanyai. Setiap jawaban-jawaban dari pertanyaan yang diserahkan bakal dituliskan oleh dewa yang merasuki boneka itu pada papan catat yang disiapkan.

Artikel Lainnya