UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED pada Kendaraan Anda

Ditulis pada 12 Feb 2016
oleh :
Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED pada Kendaraan Anda

foto ist

itoday – Perkembangan teknologi kini semakin mengalami kemajuan di berbagai bidang. Tidak hanya mesin kendaraan saja yang mengalami kemajuan teknologi, namun lampu kendaraan juga mengalami perubahan. Bahkan saat ini, lampu LED kendaraan digunakan sebagai lampu utama mobil.

Pemanfaatan lampu LED saat ini sudah banyak digunakan oleh kendaraan beroda empat. Jika dilihat kelebihannya, lampu LED ini memberikan penampakan sinar yang lebih terang serta rendahnya konsusi listrik. Tidak hanya itu, kelebihan LED adalah mempunyai masa hidup lampu yang lebih baik. Meskipun pada kenyataannya, belum ada yang memberikan kepastian akan ketahanan lampu LED kendaraan tersebut.

Lampu halogen memiliki ketahanan hidup hingga seribu jam, sementara lampu HID tahan hidup hingga dua ribu jam selama pemakaian semua lampu itu normal. Ketahanan hidup kedua jenis lampu tersebut bisa menjadi perbandingan masa hidup bagi lampu LED yang dikabarkan memiliki masa hidup lebih baik.

Sinar lampu LED kendaraan memancarkan warna putih yang dapat memberikan penerangan yang baik pada jarak tertentu. Akan tetapi, warna sinar putih yang terlihat terang itu justru akan memberikan kesan silau yang lebih kuat daripada sinar warna kuning dari lampu.

Pancaran sinar lampu LED tentu tidak akan mengganggu jika diarahkan pada arah yang tepat. Namun masalahnya akan timbul jika lampu LED tersebut dipasang pada mobil tipe SUV dan MPV.

Jika lampu LED dipasang pada mobil jenis SUV dan MPV maka sinarnya akan mengganggu pandangan pengendara lain yang berada pada posisi berlawanan arah. Hal ini disebabkan ketinggian lampu pada mobil SUV dan MPV kurang maksimal sehingga membuat arah sinar lampu utama ke atas. Ini merupakan kekurangan yang tampak dari lampu LED kendaraan.

Selain itu, ketika salah satu unit lampu LED kendaraan mati maka harus mengganti seluruh rangkaian lampu LED. Tidak bisa hanya mengganti salah satu unit lampu yang mati saja. Hal ini yang menjadikan salah satu kelemahan lampu LED, sehingga ini menjadi sebab anggapan lampu LED masih mahal.

Artikel Lainnya