UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Tips Mencuci Helm Yang Mudah Dan Benar

Ditulis pada 18 Jun 2016
oleh :
Tips Mencuci Helm Yang Mudah Dan Benar

foto ist

itoday – Helm adalah hal yang tak boleh ditinggal ketika berkendara menggunakan motor demi menjaga keselamatan. Akan tetapi,  helm yang kotor justru dapat menyebabkan ketidaknyamanan ketika berkendara. Helm kotor justru dapat membuat masalah baru seperti rasa gatal hingga bau yang menempel pada rambut. Untuk mengatasi hal tersebut, praktekkan tips mencuci helm berikut ini.

Tips mencuci helm sendiri di rumah

  1. Lepaskan semua padding atau busa yang menempel pada bagian dalam helm. Anda perlu hati-hati dalam melepaskannya, karena jika terlalu ditarik kancing yang merekatkan padding pada helm bisa rusak.
  2. Larutkan shampoo atau sabun cair dalam air hangat dan rendam padding didalamnya kurang lebih 10 menit.
  3. Sambil menunggu proses perendaman, bersihkan bagian luar helm menggunakan cairan silicone. Tips mencuci helm yang satu ini akan membuat tampilan luar helm terlihat mengkilap seperti baru.
  4. Setelah selesai perendaman, sikat padding menggunakan sikat gigi bekas agar kotoran yang masuk dalam pori bisa bersih seluruhnya.
  5. Bilas padding dan rendam kembali dalam air dingin tanpa sabun selam 5 menit.
  6. Bilas kembali padding di bawah air mengalir untuk menghilangkan sisa-sisa busa.
  7. Rendam padding dengan pengharum pakaian jika diperlukan.
  8. Jemur padding dibawah terik matahari.

Yang perlu anda ingat dari serangkaian tips mencuci helm diatas adalah jangan pernah memeras padding karena dapat mengakibatkan buda berubah bentuk atau bahkan sobek. Selain itu, segera angkat padding begitu kering dan jangan memaparnya terlalu lama dibawah terik matahari.

Langkah terakhir yang perlu dilakukan setelah mempraktekkan tips mencuci  helm diatas adalam memasang kembali padding pada tempatnya. Perhatikan sisi kanan dan sisi kiri, pastikan anda meletakkannya pada posisi yang benar agar nyaman ketika dipakai.

Untuk menjaga helm tetap bersih setelah dicuci, anda bisa menjemur helm setidaknya seminggu sekali. Hal ini diperlukan agar keringat yang menempel pada padding tak bercampur dengan debu. Selai  itu, segera lepaskan padding ketika helm basah terkena hujan dan jemur  hingga benar-benar kering agar tak menyebabkan bau.

Artikel Lainnya