UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Beginilah Rupa Toilet Jaman Romawi

Ditulis pada 16 Jun 2016
oleh :
Beginilah Rupa Toilet Jaman Romawi

foto ist

itoday – Pernahkah anda terfikirkan bagaimana bentuk toilet pada jaman dahulu? Toilet jaman dahulu memiliki bentuk sangat sederhana, misalnya saja toilet  jaman romawi yang hanya terdiri dari lubang-lubang sebesar piring dengan dudukan ala kadarnya pada sisi atasnya. Toilet semacam ini digunakan di Romawi ada tahun awal masehi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ann Koloski-Ostrow, toilet jaman Romawi seperti yang dipaparkan diatas merupakan toilet masal yang dikhususkan untuk para budak. Hal ini didukung dengan letak toilet yang berada di area bawah tanah serta saluran yang bercampur dengan limbah masyarakat sekitar. Dugaan ini semakin diperjelas dengan warna tembok yang didominasi oleh warna merah bercampur putih.

Penelitian yang dilakukan oleh Ann Koloski-Ostrow, pernah disanggah oleh Giocomo Boni pada tahun 1913. Menurut Boni lubang-lubang seukuran piring di bawah istana bukanlah toilet jaman Romawi yang digunakan secara masal, melainkan sisa lubang pompa air untuk memenuhi kebutuhan air istana.

Artikel Lainnya