UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Hebatnya Pria Ini Ciptakan Robot Unik Untuk Bantu Aktifitasnya Sebagai Tukang Las

Ditulis pada 25 Jun 2016
oleh :
photo : ist.

photo : ist.

itoday – Mempunyai tubuh yang tidak sempurna kadang membuat seseorang patah semangat menjalani segala aktifitas. Namun pandangan ini tidak berlaku pada pria asal pulau dewata ini. Pria yang sehari-hari memiliki aktifitas sebagai tukang las ini tetap semangat dalam menjalani rutinitasnya. Pria yang mempunyai nama Wayan Sumardana ini menjadi sorotan warga sekitarnya lantaran ia memiliki keunikan.

Keunikan yang dimilikinya bukan karena pekerjaannya sebagai tukang las melainkan robot unik yang ada pada tubuhnya ini. Robot unik tukang las ini terlihat begitu sederhana karena terbuat dari barang bekas dan rongsokan elektronik. Menariknya, robot unik tukang las ini sengaja diciptakan untuk membantu aktifitas sehari-hari Wayan Sumardana.

Maklum saja pria yang kerap disapa Tawan ini terlihat memiliki riwayat sakit lumpuh pada tangannya. Maka tidak heran jika robot unik tukang las ini tercipta.  Bagaimanakah pria ini menggunakan robot unik buatannya sendiri? Inilah informasi selengkapnya.

Berbekal pengetahuan dan wawasan yang didapat saat mengenyam pendidikan di STM, Wayan Sumardana seorang pria yang berprofessi sebagai tukang las ini mencoba mengembangkan ilmunya.

Tidak menyerah dengan penyakit lumpuh, pria yang kerap mendapat tawaran mengelas berbagai macam peralatan rumah tangga ini justru terlihat antusias menjalani pekerjaanya. Karena tidak ingin terbebani dengan penyakitnya, ia kemudian membuat robot sederhana namun berfungsi untuk dirinya sendiri.

Dalam membuat robot pengganti tangannya yang lumpuh, ia sempat mengalami kegagalan uji coba hingga mencapai lima kali. Namun meski mengalami kegagalan bertubi-tubi, pria sederhana ini tidak pernah putus asa.

Pada akhirnya robot unik tukang las ini tercipta. Jika dilihat detail keseluruhan robit ini, memang terlihat kurang sempurna untuk ukuran robot. Meski begitu, robot ini berfungi dengan baik dalam membantu aktifitasnya sebagai tukang las.

Salah satu kehebatan robot ini adalah dapat digunakan untuk mengangkat benda dengan berat lebih dari 5 kg. Bukan hanya itu saja, robot yang juga dibuat dari rongsokan ini dikendalikan dengan sinyal yang terdapat pada otak.

Demikianlah kabar baik yang berasal dari mahakarya yang berupa robot unik tukang las. Robot ini justru tercipta dari kekurangan yang dimiliki oleh tukang las. Berbagai macam hal dapat dilakukan meskipun tubuh kita tidak sempurna.

Artikel Lainnya