UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Puluhan Mahasiswa UIB Terima Beasiswa Unggulan

Beasiswa

photo : Kemdiknas

itoday – Universitas Internasional Batam memberikan program Beasiswa Unggulan (BU) kepada para mahasiswanya. Program BU ini bekerja sama dengan Biro Perencanaan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) Sekjen Kemendikbud sebagai penyedia Beasiswa Unggulan (BU).

“UIB telah bekerja sama dengan BPKLN sejak 2010. Hingga saat ini, UIB masuk salah satu perguruan tinggi yang cukup maju dengan banyak prestasi, termasuk adanya kerja sama dengan luar negeri,” ujar Sari Damayanti Sitompul, perwakilan BPKLN dalam kesempatan penganugerahan Beasiswa Unggulan 2013 di Hotel 89, Penuin, Jumat (6/12/2013).

Menurutnya, BPKLN merupakan penyedia beasiswa kepada siswa dan mahasiswa berprestasi di seluruh Indonesia. Pemberian beasiswa meliputi biaya pendidikan dalam negeri maupun luar negeri. Sejak 2006 BPKLN sudah menyalurkan beasiswa unggulan kepada 70 ribu lebih mahasiswa se-Indonesia.

“Untuk dalam negeri beasiswa yang kita berikan untuk biaya pendidikan, sedangkan di luar negeri beasiswa yang diberikan lebih ke kebutuhan hidup,” ucap Sari.

Meiliana SE MSi, Wakil Rektor I UIB mengatakan, kerja sama ini merupakan sejarah bagi kampus UIB sejak kerja sama dengan BPKLN yang telah bekerja keras.

Beasiswa ini ditawarkan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi yang sangat baik dari catatan akademis ketika di SMA. Termasuk IPK dan kompetensi Bahasa Inggris dan non akademik, minimal pada tingkat provinsi sertifikasi.

“Ini menggembirakan bagi kita dan peminatnya cukup tinggi, hal tersebut juga di dukung oleh prestasi dan kemampuan non akademik,” ujar Meiliana.

Tujuan utama dari beasiswa ini adalah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dalam mendukung pengembangan setiap daerah potensial melalui pemuda terbaik.

Beasiswa ini terutama bagi mereka yang memiliki kewarganegaraan yang tinggi, integritas, credibiltiy, kepribadian yang baik, dan perawatan bagi bangsa.

“Beasiswa ini memungkinkan calon yang sangat baik untuk mendapatkan gelar ganda dalam waktu yang sama. Mereka memiliki kesempatan untuk belajar 3 tahun di UIB, dan 1 tahun di universitas di luar negeri. Pada akhirnya, mereka akan mendapatkan dua gelar sekaligus,” jelasnya.

Dari tahun 2010 mahasiswa UIB yang mendapatkan Beasiswa Unggulan (BU) sebanyak 57 orang, tahun 2011 92 orang, dan tahun 2012 sebanyak 45 mahasiswa menerima beasiswa itu. Sedangkan tahun 2013, tercatat 20 orang menerima BU.

UIB juga menyediakan beasiswa kepada siswa SMA sederajat yang akan menyelesaikan sekolah, terutama yang memiliki prestasi baik di bidang akademik dan non akademik.

Sumber (kemdiknas)

Artikel Lainnya