UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

“Capture the Flag” Facebook, Sarana Tepat Untuk Belajar “Hacking”

Ditulis pada 30 Jun 2016
oleh :
Tag:
“Capture the Flag” Facebook, Sarana Tepat Untuk Belajar “Hacking”

foto ist

itoday – Keamanan cyber kini menjadi masalah utama untuk semua kalangan baik pemerintahan, pebisnis, bahkan individu. Hal ini karena penggunaan internet yang semakin terkoneksi dan mobile sehingga ancaman keamanan di dunia juga semakin meluas. Namun, belum banyak orang yang belajar menemukan solusi keamanan cyber dengan mengasah kemampuannya mengatasi serangan tersebut.

Untuk mengisi kekosongan tersebut, Facebook mendukung anak-anak untuk belajar sistem keamanan atau meng-hack. Media sosial raksasa tersebut ingin menetaskan generasi terkini pakar keamanan dengan cara meluncurkan solusi keamanan cyber berupa CTF (Capture the Flag) yang dirintisnya pada komunitas open source.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari situs www.ctftime.org, CTF merupakan satu dari bagian kompetisi dengan tujuan keamanan teknologi informasi. Umumnya terdapat 3 macam kompetisi CTF, yakni:

  1. Menyerang-bertahan adalah jenis CTF layaknya game di computer. Sebuah tim akan mengembangkan jaringannya, lalu tim lain berupaya mengeksploitasi kelemahannya. Tim yang mempunyai jaringan akan memperoleh poin untuk bertahan sedang lawan bisa memperoleh poin dengan meng-hack.
  2. Jeopardy adalah jenis CTF yang mempunyai tantangan pada sejumlah kategori, misalnya: forensik, web, eksploitasi biner, dan kriptografi. Dengan memecahkan setiap tantangan setiap tim akan memperoleh poin.
  3. Campuran

CTF Facebook merupakan cara legal dan aman untuk sarana belajar anak-anak serta mengasah kemampuan anak tentang keamanan aplikasi web, forensik digital, eksploitasi biner dan kriptografi tanpa ada kaitannya dengan hukum. Bila anak tersebut belajar eksploitasi keamanan dan melakukan hack dengan cara membobol situs tertentu, maka mereka akan berusuran dengan pihak hukum.

Lalu bagaimana teknik memakai CTF Facebook tersebut? Bila anda telah memasangnya, anda dapat melaksanakan kompetisi baik dengan terkumpul di satu tempat maupun melalui jaringan.

Jika anda tertarik untuk belajar sistem keamanan maupun menguji skill anda dalam menghack anda bisa klik github.com/facebook/fbctf dan segera pasang CTF Facebook anda. maka anda bisa mengetahuicara instalasi dan penggunaannya.

Namun sayang sekali, solusi keamanan cyber dari Facebook tersebut Cuma mendukung sistem operasi 64 bit Ubuntu 14.04. Ubuntu 16.04 dan untuk saat ini belum didukung 32 bit. Ahli keamanan sampai ahli forensik digital begitu dibutuhkan dengan kejahatan siber yang semakin marak.

Artikel Lainnya