UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Baru 85 Daerah Yang Tandatangani NPHD

Jakarta, PEMILU.com – Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat, hingga saat ini baru 85 daerah yang menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD). Jika NPHD tidak ditandatangani melebihi batas waktu tanggal 18 Mei 2015, maka daerah-daerah yang sudah direncanakan bakal menggelar Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 terancam ditunda.

“Catatan saya baru 85 NPHD diserahkan ke KPU provinsi, kabupaten dan kota,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Dodi Riadmadji, di DPR, Jakarta, Selasa (12/5).

Menurut Dodi, pihaknya sudah menyarankan agar Dirjen Keuangan Kemendagri proaktif memonitor daerah-daerah yang belum menuntaskan persoalan anggaran Pilkadanya. Daerah harus didorong agar mempercepat proses penandatanganan NPHD.

Ditambahkan Dodi, kendalanya adalah alotnya pembahasan anggaran itu sendiri. Ada beberapa anggaran yang dianggap oleh KPU sebagai penyelenggara pemilu belum cukup. “Misal belanja kampanye, kan dibiayai APBD,” katanya.

Menurut Dodi, sanksi bagi daerah yang pelaksanaan Pilkadanya tertunda, mereka akan dipimpin oleh pejabat pelaksana tugas (Plt). Kepala daerah yang ditunjuk ini hanya memiliki kewenangan terbatas, sehingga akan menghambat pembangunan.

“Kalau daerah otonom tidak memiliki kepala daerah definitif, akan mengalami keterbatasan-keterbatasan,” tandansya.

Seperti diketahui, pada 2015 ini KPU akan menggelar pemilihan kepala daerah di 269 daerah. Tahapan Pilkada akan dimulai pertengahan Mei ini, dengan pembentukan Panitia Pemungutan Suara. (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

The post Baru 85 Daerah Yang Tandatangani NPHD appeared first on PEMILU INDONESIA.

Read More…

Artikel Lainnya