UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Aneka Sate Khas Jepang Toridoll Yakitori

Ditulis pada 23 Jul 2015
oleh :

Buat penggemar sate, yakitori alias sate ayam Jepang pastinya tak asing lagi. Selain daging ayam, sayap ayam, ada juga sate salmon, telur puyuh dan jamur. Disantap hangat dari panggangan lalu dicocol sausnya. Rasanya mantap sedap!

Yakitori berasal dari kata ‘yaki’ dan ‘tori’ yang artinya ayam yang dipanggang. Istilah ini khusus ditujukan pada potongan daging ayam yang ditusuk dengan tusukan bambu dan dipanggang di atas bara api arang. Tak jauh berbeda dengan sate ayam. Hanya saja tak memakai saus kacang dan kecap manis serta sambal.

Yakitori juga sering disebut kushiyaki karena bukan hanya daging ayam saja yang dibuat sate. Di Jepang yakitori umum ditemui di penjaja kaki lima hingga warung makan khusus yakitori. Seperti sate, aroma wangi daging ayam yang dipanggang sangat menggoda selera.

Meski tak dapat mencium aroma wangi bakaran sate, kami tertarik untuk singgah di Toridoll Yakitori yang khusus menyajikan beragam kushiyaki. Suasana Jepang terasa dari interior, meja dan kursi serba kayu yang berkesan ringan dan modern.

Resto spesial yakitori ini baru sebulan dibuka dan merupakan cabang dari resto yang sama yang juga ada di Kokugawa, Kobe, Osaka dan Tokyo. Jaringan resto ini rupanya ada juga di beberapa negara di Asia. Amerika dan Australia.

Untuk yakitori ada beragam bahan sate yang bisa dipilih. Selain daging ayam juga ada sayap, paha, hati, kulit, juga daging ayam cincang. Juga ada daging sapi, salmon, kentang, jamur shiitake, zucchini hingga telur puyuh.

Karena ingin mencicipi yakitori selain, kami memesan salmon (Rp. 39.000), Teba (Rp. 30.000) dan Spicy Mini Potatoes (Rp. 26.000). Masing-masing porsi berisi 2 tusuk. Jika mau, di meja tersedia panggangan tanah liat mungil yang bisa dipakai menghangatkan yakitori sebelum disantap.

(odi/lus)

Artikel Lainnya