UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Tips Hindari Perut Buncit Saat Puasa

Ditulis pada 22 Jul 2013
oleh :

Ilustrasi (IST)

itoday-Puasa memang bermanfaat bagi kesehatkan tubuh, berpuasa dapat memperbaiki proses pencernaan kita hingga proses detoks untuk tubuh. Tetapi ada juga orang-orang yang mengalami kegemukan atau perut buncit.

Hal tersebut dapat terjadi karena kurang tepat mengatur perubahan pola makan pada saat berpuasa. Ketika kita melaksanakan ibadah puasa, di siang hari tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman. Namun, ketika waktu berbuka langsung menyantap makanan tanpa ampun.

Berikut ini 5 hal yang bisa diperhatikan agar perut anda tidak membesar saat selesai puasa nanti.

Pola Makan
Perubahan pola makan yang terjadi, hendaknya disesuikan juga dengan porsi makanan serta kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Misalnya ketika sahur, disarankan makan dengan kadar portein yang tinggi, jangan hanya bahan makanan yang berkarbohidrat dan kalori saja. tambahkan sayur, buah-buahan pada saat sahur. Bisa juga santap sahur dengan oatmeal dan nasi merah. Konsumsi makanan tersebut dipercaya mampu menahan rasa lapar lebih lama.

Air Putih
Air putih, juga merupakan unsur penting yang harus tetap dipenuhi. Meskipun  banyak jenis minuman yang tersedia air kelapa, sirup, atau minuman lainnya, tapi jangan sampai lupakan mengkonsumsi air putih yang cukup.

Ngemil
Ngemil pada malam hari ternyata itu tidak baik, kalaupun harus ngemil pilihlah cemilan yang tidak terlalu banyak karbohidrat. Pilih yang mengandung protein seperti kacang-kacangan, telur atau ikan.

Tidur
Karena menganggap tidurnya orang yang berpuasa mendapat pahala, tidak berarti sepanjang hari dihabiskan dengan tidur agar tidak merasakan lapar. Istirahatlah secukupnya, yaitu 6-8 jam sehari.

Olahraga
Berpuasa bukan menjadi penghalang bagi yang gemar melakukan olahraga, sebaiknya  lakukan olahraga ringan saat mendekati waktu berbuka puasa, agar cairan yang keluar dari dalam tubuh bisa segera tergantikan.