UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Tips Puasa Bagi Ibu Hamil

Ditulis pada 26 Jul 2013
oleh :

Ilustrasi Ibu Hamil (IST)

itoday-Wanita yang sedang hamil dan ingin tetap menjalankan ibadah puasa harus mempersiapkan diri secara ekstra kondisi tubuhnya. Puasa ketika hamil memang lebih berat, sebab asupan gizi bagi janin dan sang ibu harus tetap tercukupi.

Ketika sahur calon ibu sebaiknya mengonsumsi jenis makanan yang memiliki karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, atau kurma. Karena makanan tersebut baik sebagai cadangan energi untuk ibu hamil agar tak lekas merasa lapar.

Jenis karbohidrat kompleks lebih lama untuk dicerna dalam perut, sehingga energi yang diserap tubuh pun lebih lama disimpan.

Mengkonsumsi daging dalam jumlah banyak  ketika sahur juga baik bagi ibu hamil dan janinnya, karena daging merupakan sumber protein yang baik dan kandungan kalori serta protein dalam daging dapat menguatkan ibu, sekaligus mencukupi kebutuhan janin.

Kurangi makanan yang manis yang berasal dari gula, sebab makanan ini malah menyebabkan lebih cepat lemas dan lapar sebab adanya ‘insulin shock’.

Minuman manis pun baiknya tak dikonsumsi, gantilah dengan air putih dan susu tanpa gula. Buah-buahan bervitamin C pun sangat dianjurkan untuk disantap dikala buka dan sahur.

“Ditambah dengan segelas susu hangat. Minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil,” ungkap Imam Rasjidi, Spesialis Kebidanan RS MRCCC Siloam, seperti dilansir oleh Liputan6.

Bagi ibu hamil dan menjalankan puasa yang perlu diperhatikan adalah mengurangi kegiatannya. Jangan terlalu lelah agar dapat bertahan hingga waktu buka tiba. Namun jika terjadi mual, lemas yang membahayakan, muntah, dan keringat dingin, segeralah berbukalah.