UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Unik, Santri Ini Bermain Bola Dengan Api

Ditulis pada 18 Jun 2016
oleh :
Unik, Santri Ini Bermain Bola Dengan Api

foto ist

itoday – Sebuah pondok pesantren yang beralamat di Kelurahan Triwung Lor, kecamatan Kademangan, Probolinggo yaitu Pondok Pesantren Nurul Islam memiliki sebuah liga sepakbola yang cenderung unik dan sangat sulit dijumpai ditengah masyarakat modern seperti sekarang ini.

Mungkin sebagian orang sudah tidak asing dengan permainan yang sering disebut sebagai sepakbola api ini. Sebuah permainan sepakbola pada umumnya, namun untuk bola yang digunakan bukanlah bola biasa yaitu bola api. Terbuat dari kelapa kering yang direndam dalam minyak tanah.

Lebih ekstremnya lagi, dalam olahraga unik ini mereka semua sepakat bahwa dalam bermain tidak boleh ada yang menggunakan sepatu. Salah satu ritual yang dilakukan sebelum bermain sepakbola api yaitu mendapatkan wejangan berupa ilmu kebal agar para pemain tidak merasakan sakit. Benar saja, tidak ada pemain yang kesakitan setelah bermain, yang ada hanya rasa lelah setelah wara-wiri giring bola.

Ufa Muslimas sebagai salah satu santri di Pondok Pesantren Nurul Islam menuturkan bahwa permainan ini memang sudah menjadi rutinitas setelah teraweh, namun Ramadhan tahun 2016 ini adalah kali pertamanya.

Artikel Lainnya