UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Tips dan Trik Menggunakan Drone untuk Travel dari Barry Kusuma

Ditulis pada 01 Jul 2016
oleh :
  1. Lock GPS
    Jangan lupa mengaktifkan fitur Lock GPS. Ketika menerbangkan drone, bisa saja drone tersebut kehilangan arah sehingga tidak bisa balik keasalnya. Antisipasi dengan fitur Lock GPS untuk meminimalisir drone hilang arah dan hilang.
  2. Perhatikan Safety Procedure
    Menurut Barry, safety procedure adalah hal yang sering dilupakan oleh para pengguna drone untuk travel. Prosedur keamanan antara lain pengecekan batere temasuk batere remote. Hal ini nampaknya sepele, namun ini bisa berakibat fatal. Ketika baterai drone habis, drone bisa lepas kendali.
  3. Sudut yang tidak tepat
    Tips selanjutnya terkait drone untuk travel adalah salah kaprahnya pemahaman tentang pengambilan sudut. Barry mengemukakan jika pengguna menggunakan drone hanya untuk mengambil angle setinggi mungkin adalah sesuatu hal yang salah.
    Drone bukan untuk foto maupun video mapping, gambar atau video yang dihasilkan lebih kepada gambar yang diambil dari tempat yang sulit seperti fedung tinggi atau antara tebing.
    Barry sendiri lebih sering memposisikan drone sejajar dengan obyek yang diambil, tidak terlalu tinggi seperti ketika mengabadikan danau, tebing, dan juga gedung tinggi. Tak hanya itu, kelihaian dalam memilih angle yang susah dijangkau mampu memberikan gambar yang jauh lebih spektakuler.
  4. Jangan mengambil gambar dari kawah
    Mengambil gambar dari kawah memang memiliki sisi keunikan tersendiri. Namun, perlu diperhatikan, kawah memiliki medan magnet yang mampu membuat drone lepas kendali.

Itulah beberapa tips menggunakan drone bagi para traveller yang ingin mendokumentasikan perjalanannya. Mendokumentasikan beragam tempat yang menarik sudah pasti menjadi kewajiban. Salah satu teknologi yang kini hadir dalam ranah photografi adalah drone. Teknologi ini  mampu merubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi hal yang lumrah.

Artikel Lainnya