UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Wow, Ada Kaos Kaki yang Ubah Urin Jadi Listrik

Ditulis pada 15 Dec 2015
oleh :

Jakarta – Ketika mendengar kata urin, sebagian besar orang mungkin akan menggambarkannya sebagai sesuatu yang bau, kotor, dan tidak bernilai. Namun, bersiaplah karena pandangan itu mungkin dapat berubah sebentar lagi.

Sebab, baru-baru ini diketahui bahwa urin ternyata dapat digunakan sebagai sumber tenaga alternatif. Adalah beberapa peneliti dari University of the West England yang dikabarkan sedang mengembangkan sebuah kaos kaki untuk mengubah urin penggunanya jadi tenaga listrik.

Mengutip informasi dari laman Ubergizmo, Senin (14/12/2015), kaos kaki ini tidak dapat langsung mengubah urin pengguna menjadi listrik. Untuk melakukannya, kaos kaki ini memiliki serangkaian tabung silikon lembut yang melapisi tumit sampai ke pergelangan kaki.

Pengguna cukup berjalan seperti biasa untuk dapat memompa air urin tersebut dari tabung di tumit menuju ke pergelangan kaki. Nantinya di pergelangan kaki tersebut sudah disiapkan microbial fuels cells (MFC).

Dari situ air urin akan diubah oleh MFC menjadi tenaga listrik. Sekadar informasi, MFC merupakan bakteri pengubah nutrien menjadi tenaga listrik.

Ioannis Ieropoulos, salah seorang anggota tim peneliti mengakui bahwa listrik yang dihasilkan dari proses ini memang tidak cukup besar. Namun dari uji coba di laboratorium diketahui bahwa proses ini mampu menghasilkan listrik yang cukup sebuah pemancar nirkabel mengirimkan pesan tiap dua menit.

Untuk sekarang, kaos kaki ini memang masih terus dalam tahap pengembangan. Namun, Ieropoulos menuturkan bahwa nantinya kaos kaki ini dapat digunakan dalam situasi tertentu seperti untuk kebutuhan militer, misi luar angkasa, ataupun kegiatan outdoor lainnya.

(Dam/Cas)

sumber : liputan6.com

Artikel Lainnya