UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Jero Wacik

Photo: (borneomagazine)

Photo: (borneomagazine)

itodayJero Wacik, pria kelahiran Singaraja, Bali, 24 April 1949 adalah Menteri ESDM periode 2011-2014. Sebagai menteri ESDM, dia merupakan menteri yang sering dihujani banyak pertanyaan terkait ketahanan energi di Indonesia. Ketika harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Indonesia, khususnya premium. Jero menyampaikan dengan tegas bahwa pembatasan BBM bersubsidi hanya digunakan oleh masyarakat kurang mampu. Masyarakat menengah ke atas tidak layak mendapatkan pasokan BBM bersubsidi menurutnya.

Dalam menjalankan tugasnya, dia dibantu oleh wakil menterinya yang sangat ahli dalam bidang energi dan sumber daya alam. Namun sayang, tidak berapa lama membantu kinerjanya, Wijajono Partowidagdo meninggal saat melakukan pendakian di Gunung Tambora.

Putra bali ini berhasil menyelesaikan pendidikannya di  Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1973 dengan predikat Mahasiswa Teladan  Institut Teknologi Bandung (ITB). Lulusan S1 ITB dan FE UI ini, sebelumnya seorang pengusaha jasa pariwisata yang aktif di Partai Demokrat.

Setelah dipanggil Presiden Yudhoyono, ke Cikeas, Bogor pada Selasa (19/10/2004), putra bali ini mengaku, dalam pertemuan sekitar delapan menit itu, dia dijejali pertanyaan seputar pariwisata dan budaya. Sarjana dari Fakultas Ekonomi UI (1983), ini belakangan menjadi pengusaha yang memang bergerak dalam bidang jasa pariwisata. Beberapa perusahaan yang dimilikinya, bergerak di bidang hotel, biro perjalanan wisata, yaitu PT Griya Batu Bersinar, dan PT Pesona Boga Suara, yang berkantor di Jakarta dan Bali.

Setelah kurang dari 1 bulan menjadi anggota DPR. Jero yang pernah menjabat sebagai Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat ini, kembali dipercaya menjabat Menteri Kebudayaan dan Pariwisata sejak 21 Oktober 2004. Kemudian Jero Wacik dipindah tugaskan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia menggantikan Darwin Zahedy Saleh, terkait reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu II, pada tanggal 18 Oktober 2011. Jero Wacik juga dikabarkan menjadi Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat. Menggantikan Andi Mallarangeng yang tersandung  kasus korupsi pusat olahraga terpadu Hambalang.

Artikel Lainnya