UPDATE Data Pantauan Tinggi Muka Air (Senin, 27 Januari 2014, Pkl 16.00 WIB : Katulampa 50 cm (Siaga 4/Normal) - Pesanggrahan 85 cm (Siaga 4/Normal) - Angke Hulu 130 cm (Siaga 3/Waspada) - Cipinang Hulu 90 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Hulu 50 cm (Siaga 4/Normal) - Depok 140 cm (Siaga 4/Normal) - Manggarai 710 cm (Siaga 4/Normal) - Karet 440 cm (Siaga 4/Normal) - Waduk Pluit -150 cm (Siaga 4/Normal) - Pasar Ikan 130 cm (Siaga 4/Normal) - Pulo Gadung 400 cm (Siaga 4/Normal) - Sunter Utara 86 cm (Siaga 3/Waspada) - Sunter Selatan 16 cm (Siaga 4/Normal) - Krukut Hulu 75 cm (Siaga 4/Normal)

Rustriningsih

Ditulis pada 25 Jun 2015
oleh :
Rustriningsih (ist)

Rustriningsih (ist)

itodayRustriningsih, wanita kelahiran Purbalingga, Jawa Tengah, 3 Juli 1967 adalah Bupati perempuan pertama Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Ia merupakan Bupati Kebumen dengan dua periode (2000-2005 dan 2005-2010) yang sukses mengantarkan Kebumen ke gerbang kesejahteraan yang jauh lebih baik.

Dalam kepemimpinannya ia membuka program pelayanan publik melalui radio dan SMS (short message service). Rustriningsih menyapa warga Kebumen dengan lembut melalui radio In FM 90+. Lewat program radio ini, berbagai keluhan dan persoalan warga Kebumen yang disampaikan lewat telepon, ia dengarkan dengan serius dan sabar, lalu ia bantu dengan memberikan masukan dan jalan keluar.

Wanita yang dianggap Srikandi masyarakat Kebumen ini menyelesaikan studi S1 di Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto pada tahun 1991, lalu melanjutkan S2 di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Kiprahnya di bidang politik dimulai saat dirinya masih kecil. Saat itu, ayahnya merupakan politikus PNI. Setiap ada rapat, ia mengaku selalu ikut mendengarkan. Bakat politik itu kemudian terus diasah hingga jenjang S2. Selepasnya, ia menjabat sebagai ketua DPC PDI-P yang kemudian mengantarkannya menjadi seorang bupati wanita pertama di Kebumen.

Sebagai bupati, keberhasilan Rustri yang cukup spektakuler adalah mendongkrak Penghasilan Asli Daerah (PAD). Pada awal menjabat, PAD Kabupaten Kebumen tercatat hanya Rp 6 miliar. Kini setelah tiga tahun, PAD-nya naik menjadi Rp 23 miliar.

Keberhasilan demi keberhasilan dicapai dalam masa kepemimpinannya, Rustri berhasil meningkatkan pendapatan asli daerah yang semula hanya mencapai Rp 6 milyar per tahun kini menjadi Rp 23 milyar. Selain itu, dalam bidang pendidikan, ia dinilai berhasil dalam melakukan proyek perbaikan sekolah-sekolah yang banyak ambruk karena bencana. Ia mengungkapkan, dengan peran serta masyarakat yang ikut berpartisipasi yakni membantu dalam dana perbaikan sekolah. Maka, pihaknya juga merasa diringankan mengingat dana perbaikan per sekolah mencapai Rp 30 juta sedangkan sekolah yang perlu diperbaiki ada ratusan.

Pada pemilihan capres-cawapres, Dukungan politisi PDI-P Rustriningsih akan memperkuat suara Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Jawa Tengah. Bukan hanya swing voter, wakil gubernur (wagub) Jateng periode 2008-2013 itu akan menarik suara pemilih yang sebelumnya mendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla.